Ads Top

Latar Belakang Dilaksanakan Tanam Paksa

Latar Belakang Dilaksanakan Tanam Paksa



Gambar terkait




Tanam paksa atau dalam bahasa Belanda disebut "cultuurstelsel" adalah sistem yang diterapkan pada penjajah Belanda untuk mendapatkan pendapatan maksimal dari koloninya di Hindia Timur.

Dalam sistem ini, 20% (1/5) lahan pertanian terpaksa menggunakan utnutk tumbuh tanaman untuk ekspor, dan di mana petani terpaksa bekerja di perkebunan milik Belanda selama 60 hari. Hasil tanaman ini harus diserahkan kepada pemerintah Belanda.

Pemerintah Belanda menerapkan sistem ini karena krisis keuangan karena biaya besar yang harus dikeluarkan dalam menangani pemberontakan oleh Pangeran Diponegoro di Jawa tahun 1825-1830. Pemberontakan ini mengancam Belanda di Indonesia, yang harus membawa pasukan tambahan dari Eropa dan dari luar pulau Jawa sebelum bisa mengalahkan Pangeran Diponegoro.

Besarnya beban keuangan pemerintah Belanda dapat diukur dari anggaran Hindia yang memiliki hutang sebesar 30 juta florin, dan harus membayar bunga sebesar 2 juta florin per tahun.

Selain itu, pemerintah Belanda di Eropa juga mengalami masalah keuangan akibat pemberontakan Belgia yang membuat rilis Belgia dari Belanda pada tahun 1830.

Kedua faktor ini membuat Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada waktu itu, Johannes van den Bosch untuk menerapkan metode yang dapat meningkatkan pendapatan pemerintah jajahanya wilayah Belanda.

sistem budidaya di antara penduduk di Hindia harus menanam produksi untuk ekspor seperti kopi, karet, teh dan tembakau. Tanaman ini memiliki nilai jual tinggi, dan diekspor oleh pemerintah Belanda untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Sistem ini sangat sukses membuat Belanda meraup keuntungan besar, sehingga Hindia bisa mengirim keuntungan 15 juta florin pada tahun 1851 untuk pemerintah Belanda di Eropa.


Nih jawabannya buat yang lagi nyari ngerjain soal -_-

Hasil gambar untuk latar belakang tanam paksa



Namun sistem ini untuk menimbulkan penderitaan penduduk asli yang harus bekerja paksa perkebunan milik Belanda. Sistem ini membuat produksi tanaman pangan ditinggalkan dan tanah dapat digunakan untuk tumbuh makanan seperti tanaman padi terpaksa ke dalam produksi.
Latar Belakang Dilaksanakan Tanam Paksa Latar Belakang Dilaksanakan Tanam Paksa Reviewed by Captain of History on Oktober 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogroll