Ads Top

Siapa Saja Manusia Praaksara yang Ada di Indonesia

Siapa Saja Manusia Praaksara yang Ada di Indonesia

Gambar terkait



Ada tiga jenis fosil manusia purba ditemukan di Indonesia, yaitu:

1. Meganthropus Paleojavanicus
   Tertua manusia purba di Jawa memiliki tubuh besar dan kekar. Rahang yang besar, tulang tebal, dan dahi menonjol. Meganthropus Paleojavanicus hidup sekitar dua juta tahun SM. Fosil yang ditemukan dan dipelajari oleh Dr. G.H.R. Koenigswald pada tahun 1936 dan 1941 di Sangiran, Solo.

2. Pithecanthropus Erectus
   Dari namanya, yang satu ini adalah manusia purba yang berjalan tegak manusia kera. Ketinggian sekitar 165-180 cm, sama seperti laki-laki usia sekarang. Fosil yang ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil, dekat Bengawan Solo.

3. Homo
   Manusia purba ini lebih sempurna dibanding dua pendahulunya. Ada tiga jenis Homo di Indonesia, yaitu:

a) Homo soloensis
   Seperti dua pendahulunya, Homo soloensis juga datang dari Solo. Fosil ditemukan oleh Ir. Oppenorth di Ngandong. Tingginya adalah 180 cm dan tengkorak lebih besar dari Pithecanthropus Erectus. Homo soloensis bisa berjalan tegak.

b) Homo Wajakenesis
   Ditemukan oleh Van Reitschoten pada tahun 1889 di Wajak, Jawa Timur, manusia purba ini memiliki ketinggian berkisar 130-210 cm dengan tengkorak yang lebih bulat. Mereka juga bisa berjalan tegak dan memiliki keahlian untuk membuat alat-alat dari batu, kayu, dan tulang.

c) Homo sapiens
   Generasi terbaru dari manusia purba memiliki ciri-ciri fisik yang menyerupai manusia modern saat ini.
Siapa Saja Manusia Praaksara yang Ada di Indonesia Siapa Saja Manusia Praaksara yang Ada di Indonesia Reviewed by Captain of History on Oktober 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogroll